Minggu, 06 Juli 2008

Peralatan/Equipment yang dibutuhkan aquarium laut

Written by Brian
Wednesday, 15 August 2007

Untuk menunjang perliharaan kita di dalam aquarium air laut, ikan, coral atau pun invertebrates. Kita harus menciptakan situasi dan kondisi yang mirip dengan keadaan binatang tersebut di dalam habitat aslinya. Dengan begitu kita membutuhkan berbagai peralatan untuk membantu menciptakan keadaan yang sesuai bagi perliharaan kita.

Peralatan-peralatan yang dibutuhkan adalah:

  1. Protein Skimmer
  2. Lampu
  3. Test Kit
  4. Pedingin (chiller atau kipas)
  5. Sump
  6. Peralatan pendukung lainnya (Calcium Reactor, Dentrator, dsb)
  7. Pompa

Protein Skimmer

Protein Skimmer ini disebut juga Foam Fractionation atau dengan nama pendeknya skimmer. Protein Skimmer bekerja untuk mengangkat DOC (Dissolved Organis Compound) di dalam air. DOC ini bisa dibilang kotoran yang dihasilkan oleh kehidupan di dalam aquarium laut. DOC ini jika tidak diproses akan menjadi Ammonia lalu Nitrite dan berlanjut ke Nitrate (siklus Nitrogen). Dengan adanya protein skimmer, siklus nitrogen ini akan dikurangi dan akhirnya mencegah akumulasi nitrate di aquarium air laut (sering menjadi masalah).

SKIMER
Protein skimmer efektif berkapasitas rendah milik Pak Adrianto.
Photo courtesy of Adrianto

Cara kerja skimmer adalah dengan butiran udara halus yang dikumpulkan dalam sebuah tabung, bertujuan untuk mengangkat komponen limbah di dalam aquarium air laut. Hasil dari skimmer ini biasanya berupa lendir berwarna coklat dengan bau yang tidak enak.

Berbagai macam protein skimmer tersedia di pasaran Indonesia. Beckett skimmer, needlewheel skimmer dan venturi skimmer. Semuanya memiliki fungsi yang sama, ak

an tetapi mempunyai proses yang berbeda satu dengan lainnya. Akan tetapi yang harus diperhatikan adalah perbedaan dalam kualitas setiap protein skimmer.

Tingkat Kepentingan: + + + + +
Sangat sulit untuk memepertahankan kualitas air yang baik tanpa protein skimmer, maka dari itu protein skimmer ini sangat penting.


Lampu

Setiap aquarium air laut, baik hanya FOWLR (Fish only with live rock) atau pun reef aquarium (aquarium dengan coral), sangat membutuhkan lampu. Lampu yang kita gunakan ini bertujuan untuk menggantikan cahaya matahari yang binatang ini terima di alam mereka.

Berbagai tipe lampu bisa di dapati di Indonesia yaitu:

  1. Metal Halide
  2. T8 (lampu neon biasa)
  3. T5

Lampu T5 milik Pak Adrianto. Perhatikan bohlam lampunya yang sangat kecil tapi terang. Photo courtesy of Adrianto

Warna lampu ditentukan oleh temperature Kelvin yang diindikasikan pada lampu tersebut. Contohnya, lampu yang memiliki 6,500 Kelvin (K), akan menghasilkan warna putih yang sedikit kekuningan, akan tetapi bila lampu dengan 10,000 Kelvin akan menghasilkan warna putih dengan sedikit kebiruan. Dan seterusnya, semakin tinggi temperatur Kelvin ini, akan semakin kebiruan warna lampu tersebut dan semakin rendah Kelvin ini, semakin kuning warna lampu ini. Satu hal lagi adalah, lampu atinic blue. Lampu ini cukup banyak digunakan di aquarium air laut, dan memiliki warna biru yang enak dipandang mata.

Untuk aquarium FOWLR atau FO (Fish Only), lampu T8 akan cukup untuk meneranginya. Akan tetapi 2 jenis lampu yang harus digunakan untuk mendapatkan hasil warna yang indah dipandang mata, yaitu 1 lampu daylight (6,500 K) dan 1 lampu atinic blue (berwarna biru).

Akan tetapi, untuk aquarium Reef, lampu yang dibutuhkan berbeda dengan aquarium FOWLR. Tergantung dari coral apa yang diperlihara tetapi paling tidak aquarium Reef yang baik akan menggunakan lampu T5 atau lampu Metal Halide (MH) dengan watt rendah, 150 watt.

Yang ingin saya tekankan lagi adalah watt pada lampu menentukan intensitas cahaya yang dihasilkan oleh lampu tersebut. Semakin tinggi watt ini, semakin terang cahaya yang dihasilkan oleh lampu itu. Coral tertentu seperti SPS memerlukan cahaya yang cukup terang, maka dari itu sering dikatakan minimal untuk coral jenis ini adalah lampu berkekuatan 250 Watt. Akan tetapi, sudah terbukti bahwa lampu T5 pun bisa menunjang kebutuhan coral yang satu ini.

Tingkat Kepentingan: + + + + +

Agar ikan dan coral bisa terlihat indah, kita membutuhkan lampu yang sesuai. Selain itu lampu ini juga merupakan faktor yang menentukan kehidupan dari berbagai jenis coral yang kita perlihara di dalam aquarium laut.

Test Kit

Test kit sangat penting di dalam dunia aquarium laut. Dengan test kit, kita bisa mengetahui seberapa efektif kah system filtrasi yang sudah kita siapkan untuk aquarium laut tersebut. Selain itu, untuk menggunakan supplement-supplement pada aquarium air laut, test kit sangat dibutuhkan untuk mencegah terjadinya over dosis.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai test kit, click ini Test Kit

Pendingin

Untuk memelihara aquarium air laut di Indonesia yang merupakan Negara tropis, kita membutuhkan pendingin. Aquarium laut tanpa pendingin akan memiliki suhu air setinggi 30-32 derajat celcius. Hal ini sangat tidak kita perkenankan karena tidak ada hewan baik coral atau pun ikan yang bisa hidup lama di kondisi air seperti ini. Maka dari itu kita membutuhkan pendingin.

Suhu yang cukup tinggi pada aquarium air laut disebabkan oleh beberapa sumber. Berbagai sumber yang menghasilkan panas adalah lampu dan pompa.

Kipas Angin

Kipas angin bisa digunakan untuk mendinginkan suhu pada air aquarium laut, Tetapi juga akan mempertinggi penguapan air pada aquarium air laut. Dengan begitu akan memerlukan tambahan air tawar pada aquarium anda. Suhu terrendah yang bisa dicapai dengan kipas angin adalah 26 derajat. Nilai positif dari penggunaan kipas angin adalah karena harganya yang ekonomis.

Chiller

Chiller bekerja seperti AC (air conditioning),dengan mendinginkan pipa yang dilewati oleh air dari aquarium. Chiller akan lebih efektif untuk mendinginkan air aquarium, akan tetapi membutuhkan dana yang lebih banyak. Selain itu, chiller juga memerlukan listrik yang lebih besar dibandingkan kipas. Suhu terrendah yang bisa dicapai dengan chiller tergantung dari merk chiller yang digunakan akan tetapi sebagian dari chiller bisa mencapai 20 derajat celcius.

Tingkat Kepentingan: + + + +

Bagi anda yang tinggal di dataran tinggi, dengan suhu udara yang cukup rendah, mungkin suhu tidak menjadi masalah dan pendingin tidak dibutuhkan. Akan tetapi bagi kita yang tinggal di dataran rendah, pendingin merupakan salah satu hal terpenting dalam memiliki aquarium air laut.

Sump

Sump merupakan aquarium atau container yang diberikan sekat untuk area filtrasi bagi aquarium kita. Selain berfungsi sebagai filtrasi, sump juga menjadi tempat utama untuk menyalurkan air dari aquarium ke peralatan-peralatan lainnya seperti chiller, calcium reactor, protein skimmer, denitrator dan juga pompa untuk mengarahkan air balik ke aquarium.

Biasanya, sump diletakkan dibagian bawah aquarium, dimana air dari aquarium utama (main tank) turun ke bawah ke sump. Air yang masuk ke sump akan melewati berbagai jenis filtrasi dan peralatan yang disediakan baru kembali disalurkan dengan pompa balik ke aquarium utama.

Tingkat Kepentingan: + + + +

Tergantung dari ukuran aquarium anda, aquarium nano tidak akan menggunakan sump karena conceptnya yang kecil dan mungil. Akan tetapi, aquarium yang lebih besar sangat memerlukan sump. Dengan sump ini, aquarium kita akan bebas dari peralatan dan lebih enak dipandang mata.

Peralatan Pendukung Lainnya

Aquarium air laut tidak bisa bertahan hanya dengan filtrasi biasa saja. Peralatan pendukung lainnya sering kali dibutuhkan untuk membantu menjaga keseimbangan kualitas aquarium air laut. Selain dari itu juga digunakan untuk memberikan supplement pada hewan yang kita perlihara di aquarium utama.

Denitrator

Berfungsi untuk membantu mengurangi kadar nitrate pada air aquarium. Nitrate seringkali berakumulasi, dan menjadi masalah besar bagi kebanyakan pemilik aquarium air laut.

Calcium Reactor

Berfungsi untuk membantu meningkatkan kadar calcium pada air aquarium. Hal ini bertujuan untuk menjaga tingkat calcium pada air, agar coral yang diperlihara bisa mendapatkan component calcium secara terus menerus tanpa kekurangan.

Tingkat Kepentingan: + + +

Tergantung dari jenis aquarium anda dan apa yang diperlihara dalam aquarium tersebut, peralatan pendukung ini mungkin tidak dibutuhkan, karena hanya dengan mengganti air saja sudah cukup. Akan tetapi bagi anda yang memelihara coral, peralatan pendukung ini sangat penting. Walaupun saya mengutarakan sangat penting, tetapi tingkat kepentingan yang saja cantumkan hanya 3/5. Ini karena peralatan-peralatan pendukung ini bisa digantikan dengan alternatif lainnya.

Pompa

Pompa dibutuhkan dalam aquarium air laut untuk membantu mensirkulasikan air, di dalam aquarium dan juga air dari sump balik ke aquarium. Dua jenis pompa yang bisa kita dapati adalah pompa internal dan pompa external.

Pompa Internal

Pompa tipe ini harus selalu berada di dalam air, karena pompa seperti ini akan menciptakan panas yang cukup tinggi dan memerlukan air untuk mendinginkan motornya. Keuntungan dari pompa internal adalah harganya yang relatif rendah.

Pompa External

Pompa external cenderung berharga tinggi. Akan tetapi, pompa yang diletakkan di luar air tidak akan menghasilkan panas terhadap air aquarium.

Pompa External/Internal
Banyak pompa buatan China yang diindikasikan bisa untuk diletakkan di luar dan di dalam air, akan tetapi saya sarankan agar tidak diletakkan di luar air. Melalui pengalaman saya akan pompa tipe ini, jika diletakkan di luar air tidak akan tahan lama, dan sangat berbahaya.

Tingkat Kepentingan: + + + + +
Tanpa arus air dan sirkulasi yang diciptakan oleh pompa, tidak ada hewan perliharaan yang bisa tahan di dalam aquarium.

Banyak sekali yang harus saya beli untuk men-set-up aquarium air laut, bisa nggak kalau sebagian saya beli belakangan?

Jawabannya adalah tidak. Semua ini harus disediakan untuk men-set-up aquarium air laut kecuali test kit (lihat article test kit) dan peralatan pendukung lainnya. Peralatan ini sangat penting, dan merupakan dasar dari memiliki aquarium air laut yang sukses dan indah. Maka dari itu, lebih baik kita mengumpulkan dana yang dibutuhkan untuk membeli peralatan-peralatan diatas dari pada kita memulai setengah-setengah.

Terima kasih, saya harap article ini bisa membantu anda dalam menciptakan aquarium laut di rumah anda.

Untuk pertanyaan dan info lebih lanjut mengenai topic ini, mohon kunjungi forum Filtration and Other Equipment di Reefsforum.com




Tidak ada komentar: